PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SITEPU, ETRISNAWATY BR, 1505030322 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (866kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Model Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 043936 Merek Situnggaling Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas V SD Negeri 043936 Merek Situnggaling yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah model Picture and Picture pada pokok bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan test, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and Picture Pada pokok bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,33 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 46,67% dari 30 siswa terdapat 14 siswa yang memperoleh nilai ≥72 atau tuntas belajar dan 16 siswa yang tidak tuntas. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,33 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal meningkat menjadi 86,67% dari 30 siswa terdapat 26 orang siswa yang memperoleh nilai ≥72 atau tuntas belajar dan 4 orang siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture Learning Model, Science Lesson
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIFriscilla Sembiring, M.Pd-NIDN. 0103039201
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:27
Last Modified: 24 Mar 2021 03:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item