TAMPUBOLON, AYURANI, 1705030059 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK AYU.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (706kB) |
|
Text
BAB I AYU.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (726kB) |
|
Text
BAB II AYU.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (972kB) |
|
Text
BAB III, IV, V AYU.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka Ayu.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (602kB) |
|
Text
LAMPIRAN AYU.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia, kesulitan yang dialami siswa pada mata pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia, serta faktor penyebab kesulitan belajar pada materi IPA materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggaal 03-06 Maret 2021 di SD negeri 091390 Panribuan dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil analisis data bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia adalah 56,88 % maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas V di SD Negeri 091390 Panribuan termasuk kriteria kurang mampu. Faktor penyebabnya yaitu terdapat pada faktor internal dan eksternal, pada faktor internal kurangnya minat siswa dalam belajar materi sistem peradaran darah pada manusia, tidak ada keinginan siswa dalam bertanya kepada guru, tidak ada kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, sedangkan faktor eksternal yaitu kurang maksimalnya guru dalam mengajarkan materi kepada siswa dan kurangnya peran orang tua terhadap berproses belajar anak. sehingga pada saat sekolah siswa tersebut mendapatkan nilai yang sangat rendah. Kata kunci: Analisis kesulitan, sistem peredaran darah pada manusia, IPA
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty analysis, human circulatory system, science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | AYURANI TAMPUBOLON | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2021 02:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2021 02:46 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |