ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021

TAMPUBOLON, AYURANI, 1705030059 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK AYU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (706kB)
[img] Text
BAB I AYU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (726kB)
[img] Text
BAB II AYU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (972kB)
[img] Text
BAB III, IV, V AYU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ayu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (602kB)
[img] Text
LAMPIRAN AYU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia, kesulitan yang dialami siswa pada mata pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia, serta faktor penyebab kesulitan belajar pada materi IPA materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggaal 03-06 Maret 2021 di SD negeri 091390 Panribuan dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil analisis data bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia adalah 56,88 % maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas V di SD Negeri 091390 Panribuan termasuk kriteria kurang mampu. Faktor penyebabnya yaitu terdapat pada faktor internal dan eksternal, pada faktor internal kurangnya minat siswa dalam belajar materi sistem peradaran darah pada manusia, tidak ada keinginan siswa dalam bertanya kepada guru, tidak ada kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, sedangkan faktor eksternal yaitu kurang maksimalnya guru dalam mengajarkan materi kepada siswa dan kurangnya peran orang tua terhadap berproses belajar anak. sehingga pada saat sekolah siswa tersebut mendapatkan nilai yang sangat rendah. Kata kunci: Analisis kesulitan, sistem peredaran darah pada manusia, IPA

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty analysis, human circulatory system, science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd.dosen@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pd.dosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AYURANI TAMPUBOLON
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:46
Last Modified: 25 Jun 2021 02:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item