PURBA, ITA ROSMAYANI, 1705030093 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN EYD DAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SWASTA GKPS SIBANDING TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER_ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK_Ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (832kB) |
|
Text
BAB I_Ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (538kB) |
|
Text
BAB II_Ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (870kB) |
|
Text
BAB III-V_Ita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (603kB) |
|
Text
Lampiran_Ita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penguasaan EYD terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi Tanun Ajaran 2020/2021, (2) untuk mengetahui hu penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi, (3) untuk mengetahui hubungan antara penguasaan EYD dan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa Jenis penelitian yang dilakukan adalah kolerasi atau korealasional, yang dilaksanakan di SD Swasta GKPS Sibaganding yang berjumlah 26 siswa. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta GKPS Sibaganding dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian yang berjumlah 26 siswa. Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan data diproleh hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara Penguasaan EYD dan Kalimat Efektif dibuktikan dari: rx₁y= 0.047, r_tabel= 0,388, dengan nilai rata-rata 64,10. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa menggunakan kalimat efektif berpengaruh dengan kemampuan siswa menuliskan paragraf argumentasi dibuktikan: rhitung= 0,353 < rtabel= 0,388, dengan nilai rata-rata 65,79. Dengan demikian koefisien korelasi antara kemampuan siswa menggunakan kalimat efektif berpengaruh dengan kemampuan siswa menuliskan paragraf argumentasi, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa menggunakan EYD dan kemampuan siswa menggunakan kalimat efektif dengan kemampuan siswa menuliskan paragraf argumentasi dibuktikan: nilai Fhitung= 4,672. Nilai Fhitung tersebut selanjutnya dikonsultasikan pada Ftabel dengan dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = (n-k-1) 26-2-1= 23, maka diperoleh nilai Ftabel = 3,42. Sehingga Fhitung = 4,672 > Ftabel= 3,42. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam penguasaan EYD dan kemampuan siswa menggunakan kalimat efektif dengan kemampuan siswa menuliskan paragraf argumentasi.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mastery of EYD, Effective Sentences, and Argumentation Paragraphs | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ITA ROSMAYANI PURBA | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2021 03:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2021 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |