ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN FRASA, UNGKAPAN DAN KATA MAJEMUK SISWA KELAS V SD NEGERI 060936 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2020/2021

TARIGAN BR, NANDA PLORIA, 1705030061 (2021) ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN FRASA, UNGKAPAN DAN KATA MAJEMUK SISWA KELAS V SD NEGERI 060936 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (891kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (870kB)
[img] Text
bab 3,4,5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (618kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes Pilihan berganda dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 060936 Medan Johor pada tanggal 19-20 februari 2021. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060936 Medan Johor dan sekaligus juga sebagai sampel dalam penelitian. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa menentukan frasa, ungkapan dan kata majemuk siswa kelas V SD Negeri 060936 Medan Johor diperoleh rata-rata 49,21 dan termasuk kedalam kriteria kurang mampu. (2) berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswa kesulitan yang dialami siswa terdapat pada frasa yaitu dengan persentase 60,71% dan termasuk kedalam kriteria kesulitan tinggi. Adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu, belum bisa menentukan pengertian dan contoh frasa dengan tepat.(3) faktor penyebab kesulitan siswa yaitu kurangnya motivasi dan keinginan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, adanya kesulitan siswa menentukan frasa, ungkapan dan kata majemuk, kurang maksimalnya guru dalam mengajarkan materi materi dan menggunakan media saat belajar dan kurangnya peran orang tua terhadap belajar anak.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Phrases, Expressions and Compound Words
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd.dosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pd.dosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NANDA PLORIA TARIGAN
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:44
Last Modified: 26 Jun 2021 03:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item