MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040481 CINTA RAYAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, NUR HASANAH BR, 1505030415 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040481 CINTA RAYAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Word Square di kelas IV SD Negeri 040481 Cinta Rayat Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ii adalah kelas IV SD Negeri 040481 Cinta Rayat Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Model Word Square pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentu pilihan berganda. Berdasarkan tes siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 59,4% dan aktivitas siswa memiliki nilai 66 sedangkan ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar adalah 19 siswa dari 27 siswa dan yang tidak tuntas belajar 8 siswa dari 27 siswa sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 70,3% dan nilai rata-rata 6,5. Berdasarkan tes siklus II dengan adanya perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan dengan persentase 80,0% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 88, dari ketuntasan individu siswa yang tutas belajar yaitu 24 siswa dari 27 siswa dan yang tidak tuntas belajaranya 3 siswa dari 27 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 88,89% dan nilai rata-rata 80.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching, Learning, Learning Outcomes, Word Square Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:53
Last Modified: 19 Mar 2021 08:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item