ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 045962 BULUH PANCUR T.A 2020/2021

ASMAHERA, TRIANTA, 1705030010 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 045962 BULUH PANCUR T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - COVER .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - ABSTRAK ABSTRACT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - BAB III SD BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIANTA ASMAHERA - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa pada materi sifat-sifat cahaya, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa pada materi sifat-sifat cahaya, (3) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa pada pembelajaran IPA dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 045962 Buluh Pancur dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif dengan tehnik analisis data yang digunakan berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal dan wawancara dengan jumlah pertanyaan sebanyak 9 yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada kelas V melalui tes diketahui dari soal tes yang diberikan kepada siswa bahwa (1) gambaran kemampuan siswa pada materi sifat-sifat cahaya siswa memproleh nilai rata-rata sebesar 53,5 dengan kriteria rata-rata kurang mampu, (2) kesulitan siswa dalam memahami materi sifat-sifat cahaya yaitu Siswa kesulitan dalam menjelaskan pengertian cahaya, menuliskan sifat-sifat cahaya, contoh-contoh pembiasan cahaya pada kehidupan sehari-hari, membedakan antara pemantulan cahaya dan pemantulan baur, contoh-contoh pemantulan teratur. (3) faktor penyebab siswa sulit dalam memahami materi sifat-sifat cahaya dikarnakan ada 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor intern dan ekstern dimana faktor intern merupakan kurangnya motivasi siswa dalam belajar materi sifat-sifat cahaya, tidak ada kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajarnya, sedangkan faktor ekstern yaitu kurangnya peran guru dalam proses pembelajaran dan penggunaan media, sehingga anak tersebut lebih fasip dalam pembebelajaran. Dan dari orang tua yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, sehingga anak tersebut mendapat nilai rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, The Properties of Light.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0121118703
Pembimbing IIR.L Holmes Parhusip, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN.01280988002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRIANTA ASMAHERA
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:26
Last Modified: 29 Jun 2021 08:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item