MANIK, LILI KARNITA BR, 1705030033 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN TEMA DAN AMANAT CERITA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 045962 BULUH PANCUR T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - BAB III SD BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI LILI KARNITA BR MANIK - LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dan faktor penyebab kesulitan siswa pada materi unsur-unsur instrinsik khusunya tentang menentukan tema dan amanat cerita anak. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 045962 Medan tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 045962 Buluh Pancur yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk penugasan sebanyak 2 soal dan wawancara dengan jumlah pertanyaannya sebanyak 14. Dari hasil analisis data menunjukkan (1) kemampuan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menentukan tema dan amanat cerita anak diperoleh rata-rata kemampuan siswa sebesar 52,5 (2) tingkat kesulitan paling tinggi yang dialami siswa terdapat pada nomor 2 dengan pokok penugasan menentukan amanat cerita anak dengan jumlah persentase 80%, (3) faktor penyebab kesulitan siswa adalah faktor internal, diantaranya adalah kurangnya minat belajar siswa, siswa kurang menyukai pembelajaran bahasa Indonesia tentang unsur-unsur instrinsik terkhususnya pada tema dan amanat cerita anak, siswa malas membaca, dan siswa kurang paham membedakan tema dan amanat dalam cerita anak. dan faktor eksternal, termasuk penggunaaan media guru belum maksimal serta peran dan perhatian orangtua kurang.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indonesian Language Learning, Learning Difficulty Factors, Determining the Theme and Message of Children's Stories. | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | LILI KARNITA BR MANIK | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 08:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2021 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |