PINEM, JULEHA BR, 1705030031 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN 5W+1H DALAM TEKS BERITA KELAS V SD NEGERI 064020 MEDAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL juleha.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dan faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi menentukan 5W+1H dalam Teks Berita. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 064020 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064020 Medan Sunggal yang berjumlah 32 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunkan adalah rumus rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diproleh; (1) Kemampuan siswa dalam menentukan 5W+1H pada Teks Berita berkriteria cukup mampu dengan rata-rata 67,5, (2) Kesulitan siswa dalam menentukan 5W+1H pada Teks Berita adalah kurang maksimalnya siswa dalam membaca teks berita secara keseluruhan, siswa kurang memahami isi dari teks berita serta siswa kurang paham dalam menentukan 5W+1H pada Teks Berita (3) Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menentukan 5W+1H pada Teks Berita adalah siswa tidak paham isi dari teks berita, kurang maksimalnya siswa dalam membaca teks berita secara keseluruhan, siswa tidak langsung mengerjakan tugas, siswa tidak mau bertanya ketika mengalami kesulitan, pembelajaran yang diberikan guru kurang menyenangkan, serta tidak ada yang mendampingi siswa ketika belajar dirumah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Ability, Determining 5W + 1H in News Text | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Juleha Br Pinem | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2021 03:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2021 03:45 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1294 |
Actions (login required)
View Item |