ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN AMANAT DAN PENOKOHAN DALAM CERITA PENDEK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064020 MEDAN SUNGGAL T.A 2020/2021

BANGUN, TRI FEBERIYANI BR, 1705030024 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN AMANAT DAN PENOKOHAN DALAM CERITA PENDEK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064020 MEDAN SUNGGAL T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__TRI FEBERIYANI BR BANGUN - COVER SD DAF LAMPIRAN-dikonversi-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (586kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi-TRI FEBERIYANI BR BANGUN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB I-TRI FEBERIYANI BR BANGUN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II-TRI FEBERIYANI BR BANGUN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (184kB)
[img] Text
SKRIPSI__TRI FEBERIYANI BR BANGUN - BAB III SD BAB V-dikonversi-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
SKRIPSI__TRI FEBERIYANI BR BANGUN - DAFTAR PUSTAKA-dikonversi-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24kB)
[img] Text
SKRIPSI__TRI FEBERIYANI BR BANGUN - LAMPIRAN-dikonversi-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dan faktor kesulitan dalam menyelesaikan soal menentukan amanat dan penokohan dalam cerpen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 064020 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh kelas V SD Negeri 064020 Medan Sunggal yang berjumlah 30 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang dilakuakn adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan adalah rumusan rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh ; (1) Gambaran kemampuan siswa dalam menentukan amanat dan penokohan dalam cerpen berkriteria kurang mampu dengan rata-rata 60,56, (2) kesulitan siswa dalam menentukan amanat dan penokohan kurang maksimal karena kurang mengamati dalam bacaan cerpen, sehingga persentase kesulitan siswa terdapat pada menentukan amanat dan penokohan dalam cerpen dengan persentase 15, menentukan bentuk amanat cerpen dengan persentase 80, menentukan tokoh-tokoh dalam cerpen dengan persentase 73,33, menentukan sifat-sifat tokoh dalm cerpen dengan persentase 23,33, (3) Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menentukan amanat dan penokohan dalam cerpen adalah siswa tidak paham dalam menentukan amanat dan penokohan dalam cerpen, guru belum maksimal dalam memberikan pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Ability, Determining Mandates and Characterizations in Short Stories. Student Ability, Determining Mandates and Characterizations in Short Stories. Student Ability, Determining Mandates and Characterizations in Short Stories. Student Ability, Determining Mandates and Characterizations in Short Stories.
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGEMALA WIDIYARTI, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IISITI ZAHARA H HARAHAP, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRI FEBERIYANI BR BANGUN
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:03
Last Modified: 30 Jun 2021 05:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item