TARIGAN, FRANSISKA SALSALINA BR, 1705030007 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN UNSURUNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD SWASTA BAKTI PANCUR BATU T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER FRANSISKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK FRANS (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (708kB) |
|
Text
BAB I FRANS (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (599kB) |
|
Text
BAB II FRANS (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (623kB) |
|
Text
BAB III-V FRANS (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAPUS FRANS.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (650kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, untuk menganalisis dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam Menentukan Unsur- Unsur Intrinsik Cerita Pendek kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan instrumen tes (digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan- kesulitan Menentukan Unsur- Unsur Intrinsik Cerita Pendek), dan wawancara (digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam Menentukan Unsur- Unsur Intrinsik Cerita Pendek). Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Bakti Pancur Batu pada minggu ke –III bulan April 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu yang berjumlah 22 orang sekaligus sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan Menentukan Unsur- Unsur Intrinsik Cerita Pendek adalah 60,45 dari 22 orang. Jika dilihat dari hasil tes siswa kesulitan saat Menentukan Sudut Pandang Cerita Pendek (64%) serta Menentukan Alur Cerita pendek (59%) dan termasuk kedalam kriteria tinggi. Kemampuan ini dapat ditunjukkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan penelitian. Dari hasil tes dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa tidak dapat memahami materinya dikarenakan pada saat pembelajaran guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan tanpa menjelaskan materi pembelajarannya terlebih dahulu, serta siswa kurang pengawasan oleh orang tuanya dalam membantu maupun mengawasinya saat belajar dirumah ataupun disekolah. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Unsur-unsur Intrinsik (Cerita Pendek).
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning Difficulties, Intrinsic Elements (Short Stories) | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | FRANSISKA SALSALINA BR TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2021 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2021 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1304 |
Actions (login required)
View Item |