ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMBEDAKAN ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN SUB TEMA I DI KELAS V SD NEGERI 101848 LAU BEKERI TAHUN AJARAN 2020/2021

GINTING, VERONIKA, 1705030100 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMBEDAKAN ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN SUB TEMA I DI KELAS V SD NEGERI 101848 LAU BEKERI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
full cover vero.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
abstrak vero.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text
bab i vero.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
bab ii vero.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (986kB)
[img] Text
bab iii-v vero.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (993kB)
[img] Text
dapus vero benar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (577kB)
[img] Text
lampiran vero.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, untuk menganalisis kesulitan dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam membedakan materi zat tunggal dan zat campuran sub tema 1.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan instrumen tes (digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan- kesulitan Membedakan materi zat tunggal dan zat campuran), dan wawancara (digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam Membedakan materi zat tunggal dan zat campuran sub tema 1). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101848 pada tanggal 18 maret 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101848 lau bekeri yang berjumlah 21 orang sekaligus sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata- rata seluruh siswa dalam kemampuan Membedakan zat tunggal dan zat campuran sub tema 1 sebesar 63,28 dan termasuk kriteria kurang mampu. Jika dilihat dari hasil tes, siswa kesulitan saat Menyebutkan 5 contoh zat tunggal dengan presentase kesulitan mencapai (100%) dan termasuk kedalam keriteria sanggat tinggi, serta Menyebutkan 5 contoh zat campuran dengan presentase kesulitan mencapai (86%) dan termasuk kedalam kriteria tinggi dan menyebubutkan perbedaan zat tunggal dan zat campuran Kemampuan ini dapat ditunjukkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan penelitian. Dari hasil tes dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, dikarenakan siswa kurang mengerti dengan materi zat tunggal dan zat campuran karena kurang tertarik mempelajarinya dan tidak pernah mengulangi pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Zat Tunggal Dan Zat Campuran)

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Single Substance And Mixed Substance)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGemala Widiyarti, S.Sos.i., M.Pddosen@gmail.comNIDN.0123098602
Pembimbing IINilam Sari, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VERONIKA GINTING
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:26
Last Modified: 01 Jul 2021 08:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item