SARAGIH, IRMA YULIANI, 1705030089 (2021) PENGEMBANGAN BUPENA PADA TEMA SIFAT SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 091390 PANRIBUAN KEC. DOLOK SILAU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
| 
              
Text
 SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (596kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (685kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (731kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (603kB)  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB)  | 
          
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar (BUPENA) berbasis Sains Teknologi Masyarakat, dengan mengetahui kevalidan pengembangan BUPENA pada tema sifat-sifat cahaya dan keefektifan pengembangan BUPENA pada tema sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 April 2021 di kelas IV SDN 091390 Panribuan dengan 10 orang siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Validasi dilakukan dilakukan oleh dosen danguru kelas 4 SD. Pengembangan bahan ajar mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasian, (5) evaluasi. Pengembangan BUPENA yang dikembangkan berupa materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi dari validator pertama memperoleh persentasi 91,9% dengan kriteria valid, validator kedua memperoleh persentasi 83,3% dengan kriteria valid, dan validator ketiga memperoleh persentasi 96,6 dengan kriteria valid. Sedangkan nilai keefektifan memperoleh rata-rata 40,0 atau persentasi 80% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka produk berupa BUPENA dinyatakan valid dan efektif serta dapat digunakan.
| Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Development, Properties Of Light, BUPENA, IPA | ||||||||||||
| Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education  | 
        ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
| Contributors: | 
  | 
        ||||||||||||
| Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
| Depositing User: | IRMA YULIANI SARAGIH | ||||||||||||
| Date Deposited: | 21 Jul 2021 07:22 | ||||||||||||
| Last Modified: | 21 Jul 2021 07:22 | ||||||||||||
| URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1306 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        