PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021

SARAGIH, DESFRIANTY, 1705030120 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (687kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui kevalidan pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA pada tema peduli terhadap makhluk hidup sub tema ayok cintai lingkungan (2) mengetahui keefektifan produk instrumen tes berbasis BUPENA pada tema peduli terhadap makhluk hidup sub tema ayok cintai lingkungan. pengembangan dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. instrumen tes yang dikembangkan berupa soal yang berhubungan dengan kehidupan siswa. validasi instrumen tes dilakukan oleh dosen dan guru kelas 4 SD. uji coba dilakukan pada tanggal 28 April 2021 di kelas 4 SD 091390 panribuan oleh 10 orang siswa. hasil penelitian ini telah diperoleh instrumen tes berbasis BUPENA pada tema peduli tehadap makhluk hidup sub tema ayok cintai lingkungan yang valid dan layak dengan bukti berdasarkan angket validasi validator sebanyak 10 soal. hasil penelitian validator pertama diperoleh persentasi 84,7%, validator kedua diperoleh persentasi 87,5%, dan validator ketiga 94% produk menunjukkan kategori valid. hasil persentasi penilaian 77% dengan kategori efektif. kesimpulan pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA dinyatakan valid dan efektif

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: the development of instruments test, care for the living beings,science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si, M.Sidosen@gmail.comNIP. 196702251998012001
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pd, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESFRIANTY SARAGIH
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:29
Last Modified: 21 Jul 2021 07:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item