ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2020/2021

KETAREN, DEVI YENITA SARI BR, 1805030189 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, apa saja kesulitan siswa, dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar IPA pada materi panas dan perpindahannya. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 24 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dari hasil analisis data menunjukkan (1)gambaran kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal panas dan perpindahannya berkriteria kurang mampu dengan rata-rata 63,00, (2)kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal panas dan perpindahannya yaitu siswa tidak dapat menjelaskan pengertian radiasi serta tidak dapat menyebutkan contoh perpindahan panas secara radiasi, (3)faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal panas dan perpindahannya yaitu siswa kurang memahami materi, siswa tidak mengulang kembali pelajaran IPA pada saat di rumah, dan faktor lainnya guru jarang menggunakan media saat belajar materi panas dan perpindahannya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Heat and Its Transfer
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVI YENITA SARI BR KETAREN
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:41
Last Modified: 08 Jul 2021 07:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item