BARUS RASMAWITA, 1705030062 (2021) PENGEMBANGAN PERCOBAAN BUPENA PADA TEMA ENERGI SISWA KELAS IV SDN 101890 DALU X-A KECAMATAN TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
|
Text
BAB I pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (206kB) |
|
Text
BAB II pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (280kB) |
|
Text
BAB III-V pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (847kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (109kB) |
|
Text
LAMPIRAN pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah materi yang terdapat di dalam BUPENA singkat, percobaan di dalam buku tersebut masih kurang bervariasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berupa untuk mengetahui kevalidan dan Keefektivan pengembangan Percobaan BUPENA pada tema energi siswa kelas IV SDN 101890 Dalu X-A Kecamatan Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian yakni Analysis, design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101890 Dalu X-A Kecamatan Tanjung Morawa. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 101890 dalu X-A Kecamatan Tanjung Morawa yang berjumlah 6 siswa sebagai uji coba skala kecil. Alat pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara, Kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ketiga validator dinyatakan sangat valid dan dapat diujicobakan. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap BUPENA Asli lebih efektif dari Penggunaan Produk Percobaan BUPENA, untuk lebih lanjutnya peneliti akan memperbaiki produk dari segi aspek cover, isi, bahasa sehingga akan lebih baik dari BUPENA Asli. Keefektifan Percobaan BUPENA Pada Tema Energi hasil belajar siswa dengan menggunakan BUPENA Asli lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan Produk Percobaan BUPENA.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, BUPENA Experiment, Energy Theme | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ROSMAWITA BARUS | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2021 08:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 08:17 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
View Item |