MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 040522 TAMBUNAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SEMBIRING, IRA IKA YANA BR, 1605030263 (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 040522 TAMBUNAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dan ketuntsan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040522 Tambunan, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 32 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery pada pelajaran IPA Tema 6 Sub tema 1 Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Di Kelas V SD Negeri 040522 Tambunan Tahun Pelajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 39% dari nilai 53% menjadi 73,7%, aktivitas siswa meningkat 44,82% dari nilai 58 menjadi 84, ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 70, dari 61.50% menjadi 88.46% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat dari 66,92 menjadi 74,23. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode Discovery pada pelajaran IPA Tema 6 Sub tema 1 Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Di Kelas V SD Negeri 040522 Tambunan Tahun Pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Discovery Learning Methods
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196106011988012001
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Humdosen@gmail.comNIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: IRA IKA YANA BR SEMBIRING
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:35
Last Modified: 08 Jul 2021 03:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item