ARDIANTI, VERONIKA, 1605030271 (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TEMA MAKHLUK HIDUP DI KELAS III MIS ALWASLIYAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Media Visual dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media pembelajaran Visual lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Mis Alwasliyah Kabanjahe, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar menggunakan media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Makhluk Hidup. Tes yang digunakan adalah essay dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Berdasarkan data hasil pelaksanaan pembelajaran pada lembar hasil observasi aktifitas guru siklus I adalah 60% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 86,88% berkategori baik. Pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil 62,5 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 87,5 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual siklus I adalah 13 orang, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 22 orang siswa dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I diperoleh 52%, pada siklus II ketuntasan secara klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai siklus I adalah 68,6, pada siklus II meningkat menjadi 83. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Visual berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat dan tuntas secara klasikal pada Mata Pelajaran IPA Tema Makhluk Hidup Kelas III Mis Alwasliyah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science Learning Outcomes, Visual Media | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VERONIKA ARDIANTI | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2021 04:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 04:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1318 |
Actions (login required)
View Item |