MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SITEPU, RIFA ARTIKA, 1505030413 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (791kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode latihan pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode latihan pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 66, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 43% dan rata-rata nilai siswa adalah 62. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 84% dan observasi aktivitas siswa adalah 88, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 91% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Training Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:14
Last Modified: 23 Mar 2021 07:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item