HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 046577 MUNTE TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

SITEPU, RICO RIVALDO, 1705030139 (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 046577 MUNTE TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (936kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (527kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran minat belajar IPA siswa, untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa, dan untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa. Metode penelitian penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD munte 046577, sampel penelitian ini adalah proposi kecil dari populasi yang berjumlah 22 orang. Diantaranya 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan butir angket nomor 1 harga rxy hitung sebesar 0,541 dengan harga rxytabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 20, yaitu 0,361 maka dapat diketahui bahwa rxyhitung ≥ rxytabel (0,487 ≥ 0,361), maka butir angket no 1 termasuk butir angket yang valid. Setelah mendapatkan butir soal yang valid, butir soal tersebut di uji reliabelitas nya. Dari hasil uji reliabilitas instrumen angket Minat Belajar didapat rhitung = 0886 dikonsultasikan dengan harga product moment dengan N = 20 pada taraf signifikan 5% maka didapat rtabel = 0,361. Sehingga harga hitung ≥ rtabel yakni ≥ 0,361 yang berarti soal angket Minat Belajar Siswa adalah reliabel. uji normalitas data setiap variabel penelitian diperoleh χ2hitung <χ2 tabel pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data variabel Minat Belajar Siswa (X) dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA (Y) berdasarkan chi-kuadrat adalah berdistribusi Normal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Gambaran minat belajar siswa kelas V SDN 046577 Munte Tahun Pembelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 58,136, gambaran hasil belajar siswa kelas V SDN 046577 Munte Tahun Pembelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 78,636 dan hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 046577 Munte Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan nilai thitung 2,476 > 1,717 ttabel.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interest in learning, learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN: 0111108901
Pembimbing IIR.L Holmes Parhusip, M.Pddosen@gmail.comNIDN: 012809002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RICO RIVALDO SITEPU
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:39
Last Modified: 09 Jul 2021 04:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item