GINTING, BOY PUTRA, 1705030112 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040507 MUNTE T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (255kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (397kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (258kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 040507 Munte. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 April 2021 di SD Negeri 040507 Munte. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040507 Munte Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040507 Munte, berjumlah 24 orang siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Dalam paenelitian ini pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu, angket dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh motivasi yang diberikan oleh orang tua dalam memahami pembelajaran IPA yaitu diperoleh sebesar 62,50% dan termaksud kategori sedang. Sedangakan untuk prestasi belajar siswa berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas SD Negeri 040507 Munte, diperoleh nilai rata-rata 60,41 dan berkategori kurang mampu. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai rhitunglebih besar daripada rtabel, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Sedangkan kontribusi motivasi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 20%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi yang diberikan orang tua dengan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Relationship, Parents' Motivation With Learning Achievement | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | BOY PUTRA GINTING | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2021 08:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2021 08:15 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1326 |
Actions (login required)
View Item |