HUBUNGAN MOTIVASI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040507 MUNTE T.A 2020/2021

GINTING, BOY PUTRA, 1705030112 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040507 MUNTE T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 040507 Munte. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 April 2021 di SD Negeri 040507 Munte. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040507 Munte Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040507 Munte, berjumlah 24 orang siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Dalam paenelitian ini pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu, angket dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh motivasi yang diberikan oleh orang tua dalam memahami pembelajaran IPA yaitu diperoleh sebesar 62,50% dan termaksud kategori sedang. Sedangakan untuk prestasi belajar siswa berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas SD Negeri 040507 Munte, diperoleh nilai rata-rata 60,41 dan berkategori kurang mampu. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai rhitunglebih besar daripada rtabel, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Sedangkan kontribusi motivasi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 20%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi yang diberikan orang tua dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Relationship, Parents' Motivation With Learning Achievement
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN: 0111108901
Pembimbing IIR.L Holmes Parhusip, M.Pddosen@gmail.comNIDN: 012809002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: BOY PUTRA GINTING
Date Deposited: 09 Jul 2021 08:15
Last Modified: 09 Jul 2021 08:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item