ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGUTARAKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG PERTANYAAN YANG DISAMPAIKAN GURU DALAM MENGAJAR DI KELAS V SDN 043952 SUKARAMAI TAHUN AJARAN 2020/2021

SEMBIRING, SRY DOWINNE BR, 1905030251 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGUTARAKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG PERTANYAAN YANG DISAMPAIKAN GURU DALAM MENGAJAR DI KELAS V SDN 043952 SUKARAMAI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (641kB)
[img] Text
BAB III-BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (938kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberanian siswa, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan dalam mengutarakan pendapat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SDN 043952 Sukaramai. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 043952 Sukaramai dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah angket, dan wawancara. Teknik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh; (1) keberanian siswa dalam mengutarakan pribadi Tidak Mampu dalam mengutarakan pendapat pribadi, dengan rata rata 66. Perolehan nilai tertinggi adalah 79. Sedangkan terendah 52. (2) Kesulitan siswa dalam mengutarakan pendapat pribadi tentang pertanyaan yang disampaikan guru dalam mengajar di mana siswa tidak percaya diri, dan tidak berani dalam mengutarakan pendapat pribadinya dengan memikirkan akibat jika salah menjawab (3) Faktor penyebab siswa sulit mengutarakan pendapt pribadinya Siswa kurang konsentrasi, Siswa memiliki sifat introvert diamana anak lebih memilih diam jarang bicara meskipun mereka mengetahui jawaban, Memikirkan akibat jika salah menjawab , Kurang stimulasi mungkin di rumah atau sekolah anak tidak terstimulasi dengan baik sehingga ia kerap takut, malu-malu, ragu, untuk berpendapat. Biasanya terjadi pada anak yang mengalami pola asuh otoriter, semua yang sudah ditetapkan oleh orangtua tidak boleh dibantah dan orangtua memberlakukan aturan rumah yang sangat kaku.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Students' Difficulties in Expressing Opinions
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP.196602101992031001
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SRY DOWINNE BR SEMBIRING
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:19
Last Modified: 16 Jul 2021 02:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item