ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD N 068007 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

BUTAR BUTAR, PRENNY FEBRI, 1605030305 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD N 068007 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (483kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (654kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (841kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
LAMPIRAN 12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan siswa materi pahlawanku kebanggaanku mata pelajaran IPS, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa materi pahlawanku kebanggaanku mata pelajaran IPS, (3) faktor penyebab kesulitan siswa pada materi pahlawanku kebanggaanku mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 068007 Medan Tuntungan semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan berjumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi pahlawanku kebanggaanku berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan diperoleh nilai 47,27 yang berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi pahlawanku kebanggaanku. mata pelajaran IPS pada tes soal nomor 1, yaitu tidak mengetahui pengertian pahlawan. Adapun faktor kesulitan siswa dalam memahami materi menghitung pahlawanku kebanggaanku berdasarkan wawancara.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty Analysis, Social Studies Lessons.
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 303 Social Process
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Prenny Febri Butar Butar
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:57
Last Modified: 23 Jul 2021 01:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item