ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SD NEGERI 101976 BANDAR KUALA TAHUN AJARAN 2020/2021

SIPAYUNG, ANDES, 1705030043 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SD NEGERI 101976 BANDAR KUALA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui gambaran kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 101976 Bandar Kuala. (2) Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi perubahan wujud benda di Kelas IV SD Negeri 101976 Bandar Kuala. (3) Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami perubahan wujud benda di Kelas V SD Negeri 101976 Bandar Kuala.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 101976 Bandar Kuala. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 101976 Bandar Kuala dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian yang berjumlah 30 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) Gambaran kemampuan siswa Kelas V SD Negeri 101976 Bandar Kuala Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Perubahan Wujud Benda diperroleh Rata-rata 97,1% dan termasuk kedalam Kriteria Kurang Mampu. (2) Kesulitan siswa terdapat pada Perubahan Wujud Benda yang dapat dibalik dengan presentasi 97% kriteria sangat tinggi dan Perubahan Wujud Benda yang tidak dapat dibalik dengan presentasi 97% kriteria sangat tinggi. (3) Faktor penyebab kesulitan siswa karena, guru tidak menggunakan media pembelajaran dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty, Changes in Objects, Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0102075901
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ANDES SIPAYUNG
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:03
Last Modified: 22 Jul 2021 08:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item