PURBA, WENNI, 1705030040 (2021) ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN BIASA BERPENYEBUT TIDAK SAMA SISWAKELAS V SD NEGERI 16 PASARAN 1 TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa berpenyebut tidak sama, kesulitan belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan biasa berpenyebut tidak sama, dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V SD Negeri 16 Pasaran 1 Tahun Ajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD SD Negeri 16 Pasaran 1 yang berjumlah 20 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara, teknis analisis data menggunakan rumus persentase, rata-rata dan kriteria penilaian. Hasil penelitian di SD Negeri 16 Pasaran 1 menunjukkan bahwa (1) gambaran kemampuan siswa dalam belajar perkalian dan pembagian pecahan biasa berpenyebut tidak sama berkriteria kurang mampu dengan nilai rata-rata 54,35 (2) kesulitan belajar matematika siswa adalah kesulitan dimana siswa tidak dapat mengerjakan soal perkalian dan pembagian operasi hitung pecahan berpenyebut tidak sama karena tidak mengerti dan tidak memahami pembelajaran matematika. (3) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika yaitu siswa tidak memahami sehingga masih mengalami kesulitan dalam belajar pembelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian operasi hitung pecahan berpenyebut tidak sama dan siswa juga tidak bisa mengerjakan soal pecahan berpenyebut tidak sama karena merasa berkesulitan mengerjakan soal cerita dan faktor lainnya karena siswa tidak suka belajar Matematika sehingga saat belajar tidak fokus dan malas.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty learning Mathematics, Multiplication and Division of Common Fractions with Unequal Denominators | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | wenni purba | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1353 |
Actions (login required)
View Item |