ANALISI KESULITAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD SWASTA YAPERI MEDAN T.A 2020/2021

MANALU, LIDYA HARYANTI, 1605030197 (2021) ANALISI KESULITAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD SWASTA YAPERI MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL-dikonversi (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB I ulang-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
bab II lidya manalu 2-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (824kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis kesulitan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Yaperi Medan yang berjumlah 34 orang. Alat pengumpulan data yang digunanakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasih unsur cerita rakyat pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Yaperi Medan T.A 2020/2021 adalah berkriteria tidak mampu dengan nilai rata-rata 57,94, (2) kesulitan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Yaperi Medan T.A 2020/2021 berada pada unsur tema, unsur sudut pandang, dan unsur gaya bahasa, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Yaperi Medan T.A 2020/2021 adalah siswa tidak mengerti bagian-bagian yang terkandung dalam unsur cerita rakyat dan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bosan dan kurang memahami materi dalam mengidentifikasi unsur cerita rakyat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty, Indonesian language,identification story element.
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0104048903
Pembimbing IIRupina Magdalena Br. Tarigan, M.Pddosen@gmai.comNIDN.0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Lidya Haryanti Manalu
Date Deposited: 27 Jul 2021 09:05
Last Modified: 27 Jul 2021 09:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item