PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR MELALUI SISTEM LURING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR MELALUI SISTEM DARING KELAS IV SD BHARLIND SCHOOL T.P 2020/2021

MARPAUNG, RUT REHULINA, 1705030135 (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR MELALUI SISTEM LURING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR MELALUI SISTEM DARING KELAS IV SD BHARLIND SCHOOL T.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (80MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (82MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa yang di ajar secara Luring dan Daring pada siswa kelas IV SD Bharlind School, serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA yang di ajar secara Luring dengan hasil belajar IPA yang di ajar melalui sistem Daring pada Tema Cita-Citaku di kelas IV SD Bharlind School Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV-A dan IV-B yang berjumlah 43 orang siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri di mana kelas IV-A berjumlah 22 orang dan kelas IV-B berjumlah 21 orang siswa SD Bharlind School Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data melakukan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Bharlind School pada materi “Metamorfosis kupu-kupu” pembelajaran Luring lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Daring. Nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Daring pada mata pelajaran IPA materi ”Metamorfosis Kupu-Kupu” kelas IV-A SD Bharlind School Tahun Ajaran 2020/2021 adalah 52. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Luring pada mata pembelajaran IPA materi Metamorfosis kupu-kupu kelas IV SD Bharlind School Tahun Ajaran 2020/2021 adalah 71. Berdasarkan perhitungan nilai Lhitung = 0,142 sedangkan Ltabel = 0,1832 . Dengan simpulan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Metamorfosis Kupu-kupu menggunakan model pembelajaran Luring lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Daring siswa kelas IV SD Bharlind School . Hasil uji signifikan menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPA yang di ajar melalui sistem Luring dengan hasil belajar siswa yang di ajar melalui sistem Daring kelas IV SD Bharlind School Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Offline Learning Outcomes, Brave Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B Togatorop, M.Pddosen@gamil.comNIDN. 0124028702
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gamil.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RUTH REHULINA BORU MARPAUNG
Date Deposited: 29 Jul 2021 08:19
Last Modified: 29 Jul 2021 08:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item