MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IVSD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MILALA, VENI VERA BR, 1505030330 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IVSD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (907kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Peninggalan Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri No 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi guru memperoleh nilai 59,4% dan hasil observasi siswa 66. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 10 orang dari 26 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I 61,54% siswa yang tuntas dan 38,46% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 67,69%. Karena siklus I pelaksanaan pembelajaran masih berkategori cukup dan hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Maka dilaksanakan perbaikan ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II untuk observasi guru memperoleh nilai 76,6% dan hasil observasi siswa 86. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 2 orang dari 26 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus II 87,69% siswa yang tuntas dan 7,69% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 87,69%. hasil belajar siswa sudah meningkat dan tuntas secara klasikal, oleh karena itu tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIDrs. Sejahtera, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:48
Last Modified: 29 Jan 2021 08:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item