ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR SUB TEMA I PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091389 CINGKES T.A 2020/2021

PURBA, SISKA ENJEL LINA, 1705030023 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR SUB TEMA I PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091389 CINGKES T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SISKA ENJEL LINA BR PURBA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
abstrak Siska Enjelina
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I Siska Enjelina
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II Siska Enjelina
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V_SISKA ENJEL LINA BR PURBA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Siska Enjelina
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN Siska Enjelina
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam materi suhu dan kalor sub tema I pada pelajaran IPA. (2) Untuk mengetahui apa kesulitan yang dialami siswa dalam materi suhu dan kalor sub tema I pada pelajaran IPA. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi suhu dan kalor sub tema 1 pada mata pelajaran IPA di kelas V SD NEGERI 091389 Cingkes Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 091389 Cingkes. Populasi seluruh siswa di kelas V SD Negeri Cingkes. Sampel penelitian ini adalah siswa di kelas V SD Negeri 091389 Cingkes yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara di kelas V SD Negeri 091389 Cingkes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa (1) Gambaran hasil belajar siswa dalam memahami materi suhu dan kalor sub tema I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 55,38 dan masih dikategorikan kriteria rendah,(2) Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi suhu dan kalor sub tema I adalah siswa tidak memahami pengertian kalor, siswa tidak tau pengertian perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi, siswa kesulitan dalam menyebutkan contoh-contoh perpindahan kalor secara konduksi,konveksi dan radiasi. (3) Faktor penyebab siswa sulit dalam materi suhu dan kalor sub tema I adalah faktor kurangnya memahami materi pelajaran serta kurangnya minat belajar, siswa kesulitan membedakan jeni-jenis perpindahan kalor, siswa merasa bosan saat pembelajaran IPA materi suhu dan kalor yang sedang berlangsung dan guru kurang menggunakan media sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membuat siswa menjadi merasa bosan dan malas dalam melaksanakan pembelajaran IPA materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDRita Herlina Br. PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 01290785803
UNSPECIFIEDSiti Rakiyah, S.Pd, M. Humdosen@gmail.comNIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siska enjel Lina br purba
Date Deposited: 02 Aug 2021 08:05
Last Modified: 02 Aug 2021 08:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item