ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI GAYA BAHASA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA MASEHI MEDAN T.A 2020/2021

ZILIWU, ITA REJEKI, 1405030304 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI GAYA BAHASA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA MASEHI MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - ABSTRAK ABSTRACT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 3--5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab yang dialami dalam menyelesaikan soal-soal memahami gaya bahasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Swasta Masehi Medan yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumpulan data tahap penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 86,35% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal memahami gaya bahasa dan 13,64% siswa tidak mengalami kesulitan-kesulitan yang signifikan dalam melakukan soal memahami gaya bahasa. Dari hasil data tes diperoleh siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Indonesia terdiri dari dua faktor internal dan eksternal. Dimana faktor internal anggapan yang salah terhadap Bahasa Indonesia, kurangnya pemahaman siswa, minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu, guru tidak menjelaskan materi melalui video Pembelajaran yang kurang dipahami oleh siswa. Dalam membentuk pola pembelajaran Bahasa Indonesia, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetapi juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan-kesulitan menyelesaikan soal tentang memahami gaya bahasa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning diffculties, language style
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.com.NIP. 196696101992031001
Pembimbing IIHasni Suciwati, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ITA REJEKI ZILIWU
Date Deposited: 02 Aug 2021 09:38
Last Modified: 02 Aug 2021 09:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item