ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN JENIS-JENIS PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA PADA SUATU CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS IV SD SWASTA BAKTI PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021

KETAREN, NADIA CASANDRA, 1705030008 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN JENIS-JENIS PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA PADA SUATU CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS IV SD SWASTA BAKTI PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB)
[img] Text
BAB 3 - 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi menentukan jenis‒jenis paragraf. Kesulitan yang dihadapi siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami jenis‒jenis paragraf pada cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu T.A 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Bakti Pancur Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu, berjumlah 22 orang siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam paenelitian ini pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi jenis‒jenis paragraf pada cerita berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas SD Swasta Bakti Pancur Batu, diperoleh nilai rata-rata 66,50 dan berkategori kurang mampu dimana siswa yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 1 orang siswa dengan nilai 100 dan nilai terendah 3 orang siswa dengan nilai 50, sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami jenis‒jenis paragraf pada cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tes soal nomor 1 yaitu menjelaskan pengertian paragraf. Adapun penyebab faktor kesulitan siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu dalam memahami materi jenis‒jenis paragraf pada cerita diperoleh berdasarkan wawancara kepada siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Student, Type-Paragraph Type
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGemala widiyarti, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 123098602
Pembimbing IITina Shena cornelia, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NADIA CASANDRA BR.KETAREN
Date Deposited: 02 Aug 2021 09:13
Last Modified: 02 Aug 2021 09:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item