ANALISIS KESULIATAN BELAJARB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021

LAIA, ROSDINA, 1705030046 (2021) ANALISIS KESULIATAN BELAJARB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover ngeluc.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
NGELUC BAB (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ngeluc BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
NGELUC BAB 3-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
NGELUC DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ngeluc LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemempuan, kesulitan,dan faktor penyebab yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes IPS. Siswa kelas IV Negeri 060938 Medan Johor yang berjumlah 25 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalalah dan tes dan wawancara.Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumpulan data,tahap penyajian data dan penarik kesimpulan data.Hasil penelitian mewujudkan bahwa sebesar 84,00% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal kegiatan ekonomi dan 16,00% siswa tidak mengalami kesulitan yang signifikan dalam melakukan soal kegiatan ekonomi.Dari hasi data tes diperoleh siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pehaman.Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalamai kesulitan dalam menyelesaikan soal-soa IPS terdiri dari dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal diman faktor internal anggapan yaang salah ketidak ketelitian siswa dalam menjawab pertanyaan.Sedangkan faktor eksternal yaitu kurang banyak memberikan guru latihan soal IPS,guru tidak menjelaskan kembali kepada siswa yang belum mengerti secara perindividu,dan hanya memberikan vidio pembelajaran saja.Dalam membentuk pola pengajaran IPS guru hendaknya tidk hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal,tetapi juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal kegiatan ekonomi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulties,Economic Activities
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Yason Mendrofa,, M,Pddosen@gmail.comNIDN. 102075901
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S,Pd M,Sidosen@gmail.comNIDN. 012808804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rosdina laia
Date Deposited: 03 Aug 2021 08:32
Last Modified: 03 Aug 2021 08:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item