ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULI TEKS PENGUMUMAN MENGGUNAKAN BAHASA EFEKTIF DI KELAS IV SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2020/2021

BARUTU, ERNI YUNITA, 1605030021 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULI TEKS PENGUMUMAN MENGGUNAKAN BAHASA EFEKTIF DI KELAS IV SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (640kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (113kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB)
[img] Text
BAB III_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (510kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
lampiran erni-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (990kB)

Abstract

Tunjuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menulis teks pengumuman menggunakan bahasa efektif serta faktor kesulitan siswa dalam menulis teks pengumuman menggunkan bahasa efektif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang yang berjumlah 29 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa dalam menulis teks pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang T.A 2020/2021 adalah berkriteria tidak mampu dengan nilai rata-rata 46,55, (2) kesulitan siswa dalam menulis teks pengumuman pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang T.A 2020/2021 berada pada aspek penggunaan kata baku, aspek struktur teks pengumuman, dan aspek penggunaan ejaan, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks pengumuman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang T.A 2020/2021 adalah guru kurang maksimal dalam mengajarkan tentang menulis teks pengumuman menggunakan bahasa yang efektif kepada siswa sehingga siswa kurang paham dalam menulis teks pengumuman menggunakan bahasa yang efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties, Indonesia language, writing the text of the announcements
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, M.Pddosen@gmailNIDN. 0104048903
Pembimbing IISiti Rakiyah, M.Humdosen@gmailNIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ERNI YUNITA BARUTU
Date Deposited: 22 Jan 2022 05:27
Last Modified: 22 Jan 2022 05:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item