PENGEMBANGAN INSTUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA SIFAT SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 101976 BANDAR KUALA TAHUN AJARAN 2020/2021

PANJAITAN, MARTHIN JOSUA, 1705030036 (2021) PENGEMBANGAN INSTUMEN TES BERBASIS BUPENA PADA TEMA SIFAT SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 101976 BANDAR KUALA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - ABSTRAK ABSTRACT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__MARTHIN J PANJAITAN - LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA pada tema sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 101976 Bandar Kuala. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan ADDIE atau R&D teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA pada tema sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 101976 Bandar Kuala T.A. 2020/2021 diperoleh hasil dari validator pertama kevalidannya 85%, validator kedua kevalidannya 83%, validator ketiga kevalidannya 88% maka dapat dikatakan valid. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari rata-rata nilai siswa yang menggunakan buku BUPENA adalah 68,25% dan setelah dikembangkan 74,5% perbandingan antara buku yang sudah dan belum dikembangkan 0,19% (Sangat rendah). Dari hasil keefektifitasannya dari buku BUPENA yang belum dikembangkan adalah 68,25% dan dari buku yang sudah dikembangkan 74,5% maka dikatakan cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA dapat disimpulkan sebagai berikut: pengembangan instrumen tes berbasis BUPENA pada tema sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 101976 Bandar Kuala T.A. 2020/2021 dinyatakan valid dan efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instrument Development, BUPENA, Properties of Light
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 19670225 199801 2 001
Pembimbing IIRL. Holmes Parhusip, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Marthin Josua Panjaitan
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:44
Last Modified: 13 Aug 2021 08:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item