ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SD NEGERI 173269 PAHAE JULU TAHUN AJARAN 2020/2021

PASARIBU, CHRONIKA ROTUA, 1705030039 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SD NEGERI 173269 PAHAE JULU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 173269 Pahae Julu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 173269 Pahae Julu berjumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) Kemampuan siswa menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran berada dalam kriteria rendah dengan rata-rata 53,27. (2) Kesulitan yang dialami siswa adalah mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, memahami soal, menentukan KPK, melakukan penjumlahan dan pengurangan, sehingga berada dalam persentase 77% dengan kriteria tinggi. (3) Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan, yaitu faktor intern yang terdiri dari motivasi, kemauan dan faktor ekstern yang terdiri dari orang tua, guru dan sarana sekolah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties, Student Difficulty Factors
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0102075901
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:57
Last Modified: 06 Sep 2021 08:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item