ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI GAYA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DI KELAS IV SD NEGERI 101799 DELITUA T.A 2019/2020

KELIAT, FEBY S BR, 1605030149 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI GAYA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DI KELAS IV SD NEGERI 101799 DELITUA T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi gaya selama pembelajaran online, serta untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam materi gaya selama pembelajaran online di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua. Jenis penelitian adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan siswa dalam materi gaya, yaitu 44,84, maka kemampuan siswa memenuhi kriteria tidak mampu, (2) kesulitan siswa dalam materi gaya adalah memahami gaya gravitasi dengan persentase 59,38%, dan (3) faktor menyebabkan kesulitan siswa dalam materi gaya, yaitu (a) siswa kurang mengerti atau masih mengalami kesulitan dalam materi gaya pada saat pembelajaran online, (b) siswa sulit untuk mengikuti pembelajaran online karena siswa tidak mempunyai handphone pribadi sehingga sulit untuk mengikuti belajar online, (c) soal nomor 5 adalah soal yang paling sulit dengan penjelasan siswa tidak memahami gaya gravitasi bumi karena pada saat pembelajaran online guru memberikan materi mengenai gaya gravitasi bumi hanya menjelaskan pengertian gaya gravitasi bumi, tidak menjelaskan secara keseluruhan mengenai materi gaya gravitasi bumi dan tidak menjelaskan konsep gaya gravitasi dengan lengkap, (d) mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang membosankan sehingga motivasi belajar siswa masih rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: difficulty, science lesson, energy
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Perangin-angin, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:05
Last Modified: 09 Sep 2021 07:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item