MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRANSISCO, AGUS, 1605030330 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Struktur Bumi kelas V SD Negeri 044825 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 044825 Berastagi. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan pada mata pelajaran IPA khususnya pada struktur bumi, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 044825 Berastagi yang berjumlah 32 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh data yaitu: hasil observasi aktivitas guru sebesar 57,9% kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 66,67 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu adalah 23 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 9 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 71,87% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 28,13% dan nilai rata-rata nya adalah 71,25. Sedangkan pada siklus II diperoleh data yaitu : hasil observasi aktivitas guru sebesar 71,2% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa yaitu 77,78 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas secara individu ada 28 siswa dan yang tidak tuntas secara individu adalah 4 siswa, sedangkan siswa yang tuntas secara klasikal adalah 87,5% dan yang tidak tuntas secara klasikal adalah 12,5%, dan nilai rata-rata nya adalah 83,12. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tercapai, dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA Materi struktur bumi di kelas V SD Negeri 044825 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Think Pair Share Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Sidosen@gmail.comNIP. 196612231992031002
Pembimbing IIKarmila Br Karo, S.Sos., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0130118304
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:23
Last Modified: 13 Sep 2021 03:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item