ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 106817 SIDODADI T.A 2019/2020

GINTING, DEVI BR, 1605030228 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 106817 SIDODADI T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis pantun anak, apa kesulitan siswa dalam menulis pantun anak, apa faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis pantun anak. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 106817 Sidodadi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tes pada penelitian ini diperoleh nilai kemampuan siswa menulis pantun anak sesuai dengan kaidah pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sidodadi 106817 Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 55,57 masuk dalam kriteria tidak mampu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tingkat kesulitan cukup tinggi terdapat pada aspek kesesuaian dengan karateristik pantun dengan kategori tidak mampu (53%). Berdasarkan hasil wawancara, peneliti menemukan faktor penyebab kesulitan siswa menulis pantun yaitu karena siswa tidak bisa membuat sajak a-b-a-b, sampiran dan isi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties, Writing Poetry
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Humdosen@gmail.comNIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:55
Last Modified: 17 Sep 2021 04:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item