PENGEMBANGAN PERCOBAAN BUPENA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 106833 WONOSARI TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SIHOMBING, TRI PUTRI DISTA, 1705030082 (2021) PENGEMBANGAN PERCOBAAN BUPENA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 106833 WONOSARI TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengasilkan produk bahan ajar berupa untuk mengetahui kevalitan da Keefektifan Pengembangan percobaan BUPENA pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas SD Negeri 106833 Wonosari Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan atau Research and Developmet ( R&D) dengan model penelitian yakni Analysis, design, Develpmet, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106833 Wonosari Tanjung Morawa . Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106833 wonosari Tanjung Morawa yang berjumlah 26 siswa sebagai uji coba . Alat pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan deskriptif, Kualitatif, dan Kuatitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi oleh validator pertama diperoleh nilai sebesar 81,38% dinyatakan sangat valid dan dapat diuji cobakan, hasil validator kedua sebesar 76,79% dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan, hasil validator ketiga sebesar 89,29% dinyatakan sangat valid dan dapat diuji cobakan. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap BUPENA diperoleh bahwa penggunaan produk BUPENA lebih efektif di bandingkan tanpa BUPENA. Hal tersebut terlihat dari perolehan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan BUPENA.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, BUPENA Experiment, Caring for Living Creatures
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 112078003
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRI PUTRI DISTA SIHOMBING
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:19
Last Modified: 29 Sep 2021 08:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item