ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG SD NEGERI 043940 PERBESI TAHUN AJARAN 2020/2021

KETAREN, KRISANTO, 1705030138 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG SD NEGERI 043940 PERBESI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui gambaran kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi volume kubus dan balok di SD Negeri 043940 Perbesi. (2) Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi volume kubus dan balok di Kelas IV SD Negeri 043940 Perbesi. (3) Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami volume kubus dan balok di Kelas V SD Negeri 043940 Perbesi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 043940 Perbesi Tahun Ajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Perbesi yang berjumlah 36 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata dan persentase. Dari hasil analisis data menunjukkan (1) gambaran kemampuan siswa pada materi volume kubus dan balok diperoleh dengan rata-rata 33,43 dan termasuk kategori kurang mampu, (2) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi volume kubus dan balok yaitu siswa belum paham menghitung ketika satuan dalam balok berbeda dan angka koma dalam menghitung sisi di kubus, (3) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal volume kubus dan balok motivasi belajar siswa rendah

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty, Difficulty Factors, Difficulty Causing Factor
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pddosen@gmail.comNIP. 195706191990031001
Pembimbing IIR.L Holmes Parhusip, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 01280988002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: KRISANTO KETAREN
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:05
Last Modified: 07 Oct 2021 09:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item