ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101845 DESA SUKA MAKMUR DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2020/2021

SEMBIRING, LILI YANI BR, 1705030068 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101845 DESA SUKA MAKMUR DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika dalam pokok bahasan operasi hitung pembagian pecahan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, metode ini melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti, kemudian data yang sudah terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam kata-kata, adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasian, pengodean, penabulasian, pengoreksian, pengkalkulasian, penginterpretasi, dan penyimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 101845 Suka Makmur Tahun Ajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Suka Makmur yang berjumlah 28 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata dan persentase. Dari hasil analisis data menunjukkan (1) gambaran kemampuan siswa pada materi pembagian pecahan diperoleh dengan rata-rata 52,75 dan termasuk kategori kurang mampu, (2) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi pembagian pecahan yaitu siswa yang belum paham tentang perkalian dan pembagian, (3) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pembagian pecahan yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika terutama pada materi operasi hitung pembagian pecahan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty factors, mathematics learning, learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pddosen@gmail.comNIP. 195706191990031001
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LILI YANI SEMBIRING
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:05
Last Modified: 07 Oct 2021 09:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item