ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI GERAK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES 046415 BATU KARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

BANGUN, EGI CLINTA, 1705030088 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI GERAK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES 046415 BATU KARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan belajar siswa dalam belajar Sumber Energi Gerak, Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan materi Sumber Energi Gerak dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar IPA pada materi Sumber Energi Gerak di kelas IV SD Inpres 046415 Batu Karang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebagai populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 046415 Batu Karang yang sekaligus sebagai sampel penelitian dengan jumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara, dan teknis analisis data menggunakan rumus persentase, rata-rata dan kriteria penilaian. Hasil penelitian di SD Inpres 046415 Batu Karang yang diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam memahami materi sumber energi gerak di kelas IV SD Inpres 046415 Batukarang berada pada kriteria kurang mampu dilihat dari nilai rata-rata seluruh siswa dalam mengerjakan soal materi sumber energi gerak adalah 48,04 dari 22 siswa. (1) kemampuan siswa mengerjakan soal materi sumber energi gerak termasuk kriteria kurang mampu. (2) kesulitan belajar IPA siswa adalah kesulitan dalam mengerjakan soal IPA materi pencernaan pada manusia. (3) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar IPA adalah siswa tidak mengulang pelajaran dirumah, guru jarang menggunakan alat peraga dan kurangnya perhatian orangtua terhadap hasil belajar anak.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty in Learning Science, Energy Source of Motion
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Perangin-angin, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gmail.comNIND. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EGI CLINTA BANGUN
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:06
Last Modified: 07 Oct 2021 09:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item