ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2020/2021

SEMBIRING, SAMSON, 16050300223 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENJUMLAHAN PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi penjumlahan pecahan campuran. Kesulitan yang dihadapi siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam penjumlahan pecahan campuran mata pelajaran matematika di kelas SD Negeri 107436 Rumah Lengo pada tanggal 19 Mei 2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107436 Rumah Lengo Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107436 Rumah Lengo, berjumlah 25 orang siswa yaitu 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam paenelitian ini pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi penjumlahan pecahan campuran berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 107436 Rumah Lengo, diperoleh nilai rata-rata 36,08 dan berkategori kurang mampu, sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami penjumlahan pecahan campuran mata pelajaran matematika pada tes soal, yaitu menyelesaikan penjumlahan pecahan campuran berpenyebut tidak sam. Adapun penyebab faktor kesulitan siswa kelas V SD Negeri 107436 Rumah Lengo dalam memahami materi penjumlahan pecahan campuran diperoleh berdasarkan wawancara kepada siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty, Addition of Mixed Fractions
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L Holmes Parhusip, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0128098802
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SAMSON SEMBIRING
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:07
Last Modified: 07 Oct 2021 09:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item