ANALISIS KESULITAN SISWA MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2020/2021

GINTING, SEJAHTRA, 1605030014 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 107436 RUMAH LENGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa, untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa pada materi menghitung volume bangun ruang kubus dan balok mata pelajaran matematika di kelas V SD Negri 107436 Rumah Lengo. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negri 107436 Rumah Lengo pada tanggal 19 mei 2021 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negri 107436 Rumah Lengo berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi menghitung vilume bangun ruang kubus dan balokberdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negri 107436 Rumah Lengo diperoleh nilai 52 yang berkategori kurang mampu. Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi menghitung volume bangun ruang kubus dan balok pada pelajaran matematika pada tes soal ke 2 dan 4, yaitu siswa tidak dapat menghitung volume balok dengan bentuk soal pemecahan masalah dan menghitung volume balok. Faktor kesulitan siswa dalam memahami materi menghitung volume bangun ruang kubus dan balok berdasarkan wawancara.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Analysis, Calculating Building Volume, Mathematics Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SEJAHTRA GINTING
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:10
Last Modified: 07 Oct 2021 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item