ANALISIS KESULITAN MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021

BANGUN, SARI ANDRIANI, 1705030048 (2021) ANALISIS KESULITAN MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dan faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2020/2021. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu yang berjumlah 37 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata, dan persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh; (1) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama berkriteria kurang mampu dengan rata-rata, (2) Kesulitan siswa dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama yaitu kurang paham dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama, sehingga kemampuan siswa dalam menyelelesaikan tes menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama masih rendah/ kurang mampu. (3) Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama adalah karena karena siswa sulit dalam mengartikan pecahan, tidak memahami soal, serta sulit dalam menyamakan penyebut karena tidak tahu mencari KPK.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Difficulties, Adding Fractions Denominator Different
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono S, M.Pddosen@gmail.comNIP. 195706191990031001
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SARI ANDRIANI BANGUN
Date Deposited: 07 Oct 2021 09:10
Last Modified: 07 Oct 2021 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item