SITUMORANG, EMMAWATI BR, 1705030105 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI PEMANFAATAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 054608 SAWIT HULU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (688kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (368kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (427kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (641kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (831kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa belajar IPA yang sering dialami siswa kelas IV Pada Materi Pemanfaatan Sumber Energi Alternatif SD Negeri 054608 Sawit Hulu, Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas IV Pada Materi Pemanfaatan Sumber Energi Alternatif SD Negeri 054608 Sawit Hulu,Tahun Ajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar IPA kelas IV Pada Materi Pemanfaatan Sumber Energi Alternatif SD Negeri 054608 Sawit Hulu, Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berbentuk esai sebanyak 4 butir soal dan wawancara. Setelah melakukan analisis data, maka dapat diketahui, (1) Kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 054608 Sawit Hulu Tahun Ajaran 2020/2021 dalam menjawab soal materi dafenisi materi energi alternatif dengan nilai rata-rata 64,25 dan termasuk ke dalam kriteria kurang mampu. (2) Kesulitan siswa kelas IV Negeri 054608 Sawit Hulu Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu siswa tidak dapat menyebutkan definisi sumber energi alternatif dan siswa tidak mampu menyebutkan alasan mengapa kita harus menghemat listrik. (3) Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa kelas IV Negeri 054608 Sawit Hulu dalam belajar materi pemanfaatan sumber energi alternatif yaitu terdapat pada faktor internal dan eksternal, faktor dari dalam yaitu siswa masi banyak, siswa yang belum mampu menyebutkan definisi dari energi alternatif, siswa kurang menyukai pembelajaran IPA tentang definisi energi alternatif. Faktor dari luar kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, kondisi kelas yang tidak kondusif, serta keributan yang sering terjadi di proses pembelajaran sedang berlangsung.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning difficulties, Utilization of Alternative Energy Sources | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | EMMAWATI BR SITUMORANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |