HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 104211 MARINDAL I TAHUN AJARAN 2020/2021

LUBIS, ELXSA YOLANDYA, 1705030103 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 104211 MARINDAL I TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104211 Marindal I Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa (18 orang) dan orang tua kelas IV SD Negeri 104211 Marindal I Tahun Ajaran 2020/2021 dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian yang dipilih dengan metode total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket perhatian orang tua yang diberikan kepada orang tua siswa dan untuk memperoleh hasil belajar siswa dilakukan dengan teknik dokumentasi. Angket yang diberikan telah divalidasi yang terdiri dari 25 butir pernyataan dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan statistic dekriptif korelasional. Hasil analisis deskriptif variabel perhatian orang tua diperoleh ̅= 69,05 Sebagai nilai minimum 58.00 maksimum 80.00. Hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa = 85,00 Sebagai nilai minimum 73.00 maksimum 95.00. Sebelum diperoleh hasil analisis hipotesis data kelas IV SD Negeri 104211 Marindal I Tahun Ajaran 2020/2021 uji prasyarat yaitu normal dan linier. Hasil analisis diperoleh bahwa hipotesis H diterima. Dimana perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa menunjukkan hubungan yang kuat sebesar (R) 0,584. Berdasarkan data tersebut nilai t-hitung > t-tabel (2,881 > 2,100) yang secara statistik, hal ini menunjukkan H1 1 terdukung, sehingga dapat dikatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104211 Marindal I Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parental Attention, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B.Togatorop, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0124028702
Pembimbing IISiti Zahara H.Harahap, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELXSA YOLANDYA LUBIS
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:50
Last Modified: 08 Nov 2021 07:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item View Item