SURBAKTI, SEFANI FINESIA BR, 1505030136 (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD BERSUBSIDI BUDI DESA SUKA MAJU KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua terhadap anak-anaknya, dan bagaimana hasil belajar siswa di sekolah. Hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran di sekolah, namun juga karena rangsangan dari lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi hasil belajar salah satunya yaitu keluarga terutama orang tua. Orang tua yang kurang atau tidak memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang kuat dalam kegiatan belajar anak. Anak cenderung akan giat dan sungguh-sungguh dalam belajar karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai siswa, diduga karena dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Bersubsidi Budi Desa Suka Maju Kecamatan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VSD Bersubsidi Budi Desa Suka Maju Kecamatan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah58 siswa. Jenis penelitia nini adalah expost facto. Pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan angket pengaruh perhatian orang tua dan hasil belajarsiswa. Data yang diperoleh diambil dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN) sekolah. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukkan bahwanilai t hitung pada variabel perhatian orang tua adalah nilai t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,231. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung>t tabel ( >0,231) yang berarti bahwa hipotesis H 0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa juga cukup yaitu 80,91. Dari hasil pengujian nilai koefisien korelasi sebesar 94% maka dapat diartikan bahwa variabel perhatian orang tuaberkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 94%,kelinieran regresi pada Anova, nilai F = 2,205 dengan nilai signifikan sebesar 0,01. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 2,205 maka regresi dapat dipakai untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dan persamaan regresinya = 61,81 + 0,25X.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Attention of Parents, Student Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SEFANI FINESIA BR SURBAKTI | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 03:51 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
View Item |