ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN KEGUNAANNYA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021

LAIA, YETILINA, 1705030045 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN KEGUNAANNYA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari adalah (1) untuk mengetahui kemampuan siswa materi Cahaya dan Kegunaanya mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa materi Cahaya dan Kegunaanya mata pelajaran IPA, (3) faktor penyebab kesulitan siswa pada materi Cahaya dan Kegunaanya mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060 938 Medan Johor. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060938 Medan Johor semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi Cahaya dan Kegunaanya berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor diperoleh nilai 42,86 yang berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi Cahaya dan Kegunaanya mata pelajaran IPA pada tes soal nomor 5, yaitu tidak mengetahui sifat‒sifat yang dimiliki cermin cekung, cembung, dan datar. Adapun faktor kesulitan siswa dalam memahami materi Cahaya dan Kegunaanya berdasarkan wawancara.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, Light and its uses
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 12078003
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Humdosen@gmail.comNIDN. 011058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YETILINA LAIA
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:42
Last Modified: 08 Dec 2021 07:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item