HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021

TAMPUBOLON, GUNAWAN, 1705030184 (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 060938 MEDAN JOHOR T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (765kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060938 Medan Johor T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Variabel bebas (X) minat belajar; dan Variabel terikat (Y) hasil belajar . Desain penelitian ini menggambarkan kedua hubungan variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No. 060938 Medan Johor yang terdiri dari 25 orang dan pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik sampel total yaitu peneliti akan melakukan pengambilan sampel secara keseluruhan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis tes berupa angket minat belajar dan non tes berupa dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh : (a) Minat belajar siswa di masa pandemi covid19 T.A 2020/2021 diperoleh rata-rata sebesar 74,4; standart deviasi 2,70, tergolong kategori penilaian cukup positif. (b) Hasil belajar siswa pada masa pandemi covid19 T.A 2020/2021, diperoleh rata-rata Matematika 76,13 ; standart deviasi 5,05, dengan persentase ketuntasan klasikal 60% siswa dinyatakan belum tuntas, dan ratarata Seni Budaya 85,2 ; standart deviasi 1,94 dan persentase ketuntasan klasikal 100% siswa dinyatakan tuntas. Selanjutnya dilakukan pengujian persyaratan pada uji linearitas diperoleh hasil belajar linear dengan minat belajar siswa, dimana F regresi> F tabel; dan uji kecenderungan pada data minat belajar diperoleh kategori rendah, pada hasil belajar matematika kategori rendah dan pada hasil belajar seni budaya kategori sedang. (c) Hubungan minat belajar siswa (X) dengan Hasil Belajar (Y) dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus product moment diperoleh R hItung > R tabel artinya Terdapat hubungan antara minat belajar terhadap kedua hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060938 Medan Johor selanjutnya menguji signifikasi korelasi dilakukan dengan menggunakan uji “t”, diperoleh T hitung artinya pada taraf signifikan (alpha 5%), hipotesis alternatif (Ha) diterima, kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap kedua hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 060938 Medan Johor TA 2020/2021.> T tabel

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship, interest in learning, learning outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtera, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196691719930311002
Pembimbing IIR.L Holmes Parhusip, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GUNAWAN TAMPUBOLON
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:17
Last Modified: 27 Dec 2021 07:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item