MUNTHE, SITIANI BR, 1705030051 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SIKAP MENGHARGAI KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SWASTA WIJAYANTA TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran IPS materi Sikap Menghargai Keberagaman Suku dan Budaya, kesulitan yang dialami siswa pada pemebelajaran IPS materi Sikap Menghargai Keberagaman Suku dan Budaya dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa materi Sikap Menghargai Keberagaman Suku dan Budaya. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Wijayanta Tigapanah Tahun Ajaran 2020/2021, populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Wijayanta Tigapanah yang berjumlah 23 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan yang dialamai siswa dalam pelajaran IPS materi Sikap Menghargai Keberagaman Suku dan Budaya, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa. Kemudian teknik analisis datanya yaitu rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) Pengetahuan siswa Kelas IV SD Swasta Wijayanta Tigapanah Tahun Ajaran 2020/2021 diperoleh rata- rata 60,49 dan termasuk kedalam kriteria kurang mampu. (2)Berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswa yaitu terdapat pada soal nomor 10 dengan persentase 78,26% dan termasuk kedalam kriteria kesulitan sangat tinggi. Adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu belum bisa menuliskan 6 kebberagaman budaya yang dimiliki tercermin dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor penyebab kesulitan siswa yaitu , cara mengajar guru dimana kurang menggunakan media pembelajaran guna mendukung pembelajaran berlangsung, dan dukungan orangtua masih rendah mengakibatkan siswa malas belajar.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, learning difficulties, respect for ethnic and cultural diversity | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 306 Culture and Institutions 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SITIANI BR MUNTHE | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1442 |
Actions (login required)
View Item |